Jumat, 12 April 2019

Mengatur konfigurasi Bot Engine dilakukan melalui menu Modul Telegram - Telegram Bot. Terdapat beberapa tahap yang perlu dilakukan agar Telegram Bot dapat berkomunikasi dengan aplikasi EQS Quick Count. Berikut adalah beberapa tahapan yang dilakukan.

Konfigurasi Bot Engine

Langkah yang perlu dilakukan berikutnya adalah melakukan pengaturan di level Aplikasi. Pada Menu Pilih Modul Telegram - Modul Telegram - Telegram Bot - Bot Engine. Pilih Tab Bot Setting Kemudian Isi Token sesuai dengan yang telah diperoleh pada saat membuat Telegram Bot. Perlu dicatat bahwa Prefix Token tersebut harus ditambahkan bot. Sebagai contoh:

Token yang diperoleh : 616606029:AAFjbl2Cr51DbQoPzSPOwarv678bLwsTJ5M

Token setelah diubah : bot616606029:AAFjbl2Cr51DbQoPzSPOwarv678bLwsTJ5M

Adapun Nama Bot dan pengaturan lain dapat diganti sesuai kebutuhan.

Mengatur Konfigurasi Telegram Bot
Konfigurasi Bot Engine

Sampai pada tahap ini, Seharusnya Bot Engine telah dapat berkomunikasi dengan Telegram Bot. Hal tersebut ditandai dengan ProgressBar (Loading) yang berfungsi sebagai indikator koneksi internet. Silahkan lakukan percobaan dengan mengirimkan pesan ke Telegram Bot melalui aplikasi Telegram.

Log & Status Bot Engine

Memantau Log dan Status Percakapan dilakukan melalui Tab Chat Log. Halaman tersebut akan menampilkan Jika terdapat Pesan masuk dan Pesan yang telah berhasil dikirimkan. Notifikasi Balon dan Suara Penerimaan atau Pengiriman Pesan dapat diatur melalui Tab Bot Setting. Chat Masuk dan Terkirim akan otomatis terbaca pada Aplikasi Utama (Diperlukan Refresh).

Mengatur Konfigurasi Telegram Bot
Status & Log Chat

Copyright © EQS Quick Count